Timbulnya Jerawat

Apa aja sih penyebab timbulnya jerawat?

Timbulnya Jerawat


Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat, tentunya harus kita fahami jika kita ingin menghilangkan jerawat. Faktor-faktor ini pada dasarnya adalah pemicu munculnya minyak berlebih pada wajah yang berakibat pada timbulnya jerawat.

Bakteri
Penyebab lain munculnya jerawat adalah bakteri. Sebelum memahami jenis bakteri penyebab jerawat, sebaiknya Anda memahami bagaimana bakteri bisa bersarang di wajah Anda. Kulit wajah terdiri atas kelenjar minyak. Pada beberapa orang, kelenjar minyak ini sangat produktif dan pada sebagian lainnya tidak. Pada mereka yang produktif, wajah terlihat sangat berminyak sehingga kotoran mudah sekali menempel. Minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori wajah. Pori-pori yang tersumbat adalah tempat ideal tumbuhnya bakteri penyebab jerawat.


Bakteri penyebab timbul jerawat dikenal dengan nama Propionibacterium acnes. Bakteri yang berbentuk batang ini tumbuh di udara dan menghinggapi wajah. Saat tinggal dan bereproduksi di pori-pori wajah yang tersumbat, Propionibacterium acnes menginfeksi dan mengiritasi kulit. Kegiatannya mengiritasi kulit wajah mengakibatkan kulit bengkak dan memerah. Setelah itu, di bawah permukaan kulit akan timbul nanah sebagai bentuk perlawanan sistem kekebalan tubuh dalam melawan iritasi oleh bakteri ini. Kemudian muncullah jerawat yang membengkak, kemerahan, dan berisi cairan nanah di dalamnya.

Kosmetik
Meski penyebab jerawat satu ini identik dengan riasan wanita, jangan salah, rupanya banyak juga pria yang terkena acne cosmetica atau jerawat akibat pemakaian kosmetik. Selama ini, jenis-jenis kosmetik yang dianggap paling merusak wajah dan menimbulkan jerawat adalah jenis-jenis kosmetik perias seperti blush on, bedak, dan foundation yang identik digunakan wanita. Faktanya, jenis kosmetik yang lebih banyak mengakibatkan timbulnya jerawat adalah jenis kosmetik perawatan, seperti krim wajah, susu pembersih, dan sabun muka; yang lelaki pun suka memakainya. Mengapa kosmetik perawatan (dan beberapa kosmetik periasan) menjadi penyebab timbul jerawat. Jawabannya ada pada kandungan kosmetik tersebut. Inilah beberapa kandungan kosmetik yang menimbulkan jerawat:
  • Unsur minyak. Berbagai jenis kosmetik, terutama krim wajah, biasanya mengandung minyak. Minyak ini dimanfaatkan untuk memberi efek hasil kulit yang lebih lembut. Hal ini tentu baik bagi mereka yang berkulit kering. Akan tetapi kandungan minyak yang terlalu banyak pada kosmetik merupakan malapetaka bagi mereka yang kulitnya cenderung berminyak.
  • Zat pewarna dan zat pengharum. Beberapa kosmetik dilengkapi dengan unsur pewarna dan unsur parfum atau pengharum. Pada kosmetik perawatan, penggunaan kedua zat ini sebenarnya tidak perlu. Akan tetapi, beberapa produsen kosmetik masih menggunakannya untuk membuat produknya terlihat lebih menarik. Zat pewarna dan pengharum dapat meningkatkan risiko tumbuhnya alergi dan jerawat pada wajah karena keduanya merupakan zat kimia yang cukup keras.
  • Kandungan lain yang menyebabkan alergi. Kandungan ini bisa beragam, tergantung pada kerentanan penggunanya. Sebagian orang alergi pada zat pengawet dalam kosmetik, pada kandungan teh hijau di dalamnya, dan sebagainya. Karena bersifat subjektif, tidak ada patokan khusus yang menentukan zat apa yang dapat menyebabkan alergi.
Makanan
Salah satu faktor penyebab jerawat adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis kandungan makanan dapat memicu munculnya jerawat di wajah atau di bagian tubuh yang lain. Jika Anda bermasalah dengan jerawat, sebaiknya hindari kandungan makanan atau minuman berikut ini dalam jumlah besar.
  • Kafein. Kafein dalam minuman berperan memperparah jerawat yang mengganggu penampilan Anda. Pasalnya, kemampuan kafein untuk merangsang kerja kelenjar adrenalin secara tidak langsung dapat mengakibatkan stres yang berujung pada munculnya jerawat.
  • Susu. Susu adalah jenis makanan yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Pasalnya, susu mengandung lemak yang tinggi yang dapat memicu timbuhnya jerawat. Susu juga mengandung sebuah hormon yang saat dikonsumsi oleh manusia berubah menjadi hormon dihydrotestosterone (DHT) yang menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Gula. Gula adalah kandungan zat yang lazimnya ada di hampir setiap jenis makanan. Sebenarnya tidak ada yang salah jika Anda mengonsumsi gula ?mentah? dalam jumlah yang wajar. Gula mentah artinya gula yang terkandung dalam buah-buahan yang Anda konsumsi langsung tanpa melakukan proses pengolahan terlebih dahulu.
Perubahan Hormon
Inilah salah satu penyebab munculnya jerawat yang tidak bisa dihindari dan tidak mudah diobati. Ada beberapa tahap dalam hidup Anda ketika jumlah hormon dalam tubuh tidak seimbang. Ketidakseimbangan hormon ini umumnya terjadi saat mengalami masa pubertas, masa kehamilan, menjelang menstruasi, dan saat sedang stres berkepanjangan. Perubahan atau tidak seimbangnya jumlah hormon biasanya mengakibatkan kulit memproduksi minyak terlalu banyak. Akibatnya, pori-pori wajah tersumbat secara tidak terkendali dan menyebabkan munculnya jerawat. Inilah bagaimana perubahan hormon menjadi penyebab timbul jerawat.

Faktor Lainnya
Selain keempat faktor di atas, ada faktor-faktor lain penyebab timbulnya jerawat, di antaranya:
  • Karena faktor keturunan
  • Gaya hidup yang tidak sehat
  • Cuaca
Sumber : anneahira.com